×

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444H, Minal Aidzin Wal'faidzin, Mohon Maaf lahir dan Bathin

Basis Pengetahuan

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda dapat bertanya di bawah ini atau memasukkan apa yang Anda cari!


Pengaturan Optimasi DNS di cPanel

| 12 April 2019

Sering kali pengaturan DNS sering membuat pusing, berikut ini Delora menjabarkan sedikit tutorial tentang pengaturan DNS pada cPanel. cPanel sendiri mempunyai default template untuk setiap record DNS pada saat akun dibuat, tapi untuk beberapa pengguna sering kali itu tidak cukup

Peran DNS sangat penting pada domain, karena salah pengaturan DNS akan mengakibatkan domain tidak bisa diakses, tidak dapat mengirim atau menerima e-mail. 

Untuk mengatur atau tuning DNS, masuklah pada akun cPanel anda, lalu pilih Advance DNS Editor seperti pada gambar dibawah berikut:

Zone Editor

Setelah terbuka, lalu akan terlihat beberapa records dari domain yang secara default telah dibuat ketika domain anda didaftarkan pada akun hosting, lalu buatlah perbaikan pada SOA value seperti contoh dibawah ini:

DNS Rekomendasi adalah:

cPanel menggunakan BIND sebagai DNS server, gambar diatas merupakan contoh records BIND pada domain example.com selanjutnya anda tinggal menyesuaikan setting berdasarkan records domain anda, atau membuat records baru, perlu diketahui ada beberapa elemen penting yang kami rekomendasikan seperti:

  • Infrastruktur Records ( yang berhubungan dengan NS) = TTL (time to live) 1-2 hari
  • Default &TTL = 1 jam sampai dengan 1 hari
  • Minimal Zone TTL = 5 sampai dengan 10 menit
  • Maksimum Zone TTL = 1 sampai dengan 2 hari 
  • Records AAAA digunakan jika anda menggunakan IPv6 pada DNS anda, sementara IPv4 hanya menggunakan A Records saja

SOA Value:

Sesuai rekomendasi (NOTIFY RFC 1996) Secondary NS akan memeriksa kepada Primary NS untuk zona baru, jadi nilai yang dipilih adalah nilai sesuai update frekuensi update pada zona, hal ini sangat penting ketika domain anda menggunakan DNSSEC (mengenai apa itu DNSSEC akan dibahas pada artikel lainnya) Rekomendasi nilai SOA adalah sebagai berikut:

  • SOA Refresh adalah 1 sampai dengan 4 jam
  • SOA Retry adalah 15 sampai dengan 60 menit
  • SOA Expire adalah 1 sampai dengan 3 minggu (rekomendasi maksimal 2 minggu)
  • SOA Minimal adalah 15 sampai dengan 60 menit

Perlu diketahui bahwa DNS Template bawaan dari WHM sendiri secara default tidak terlalu memenuhi standar rekomendasi, kecuali Hoster melakukan editing pada DNS Default Template, Delora menggunakan Default Template pada WHM /cPanel sehingga pelanggan dapat melakukan editing sendiri sesuai kebutuhan masing-masing, sebagai contoh:

MX Record pada DNS Default cPanel selalu menggunakan CNAME daripada A Records, jika dilihat akan menjadi:

mail   IN  CNAME domain.com.

dengan record diatas maka MX menjadi:

domain.com. IN  MX  0 domain.com.

Secara umum, rekomendasi MX Record adalah mail.domain.com.  Untuk agar MX Records anda terpointing kepada mail.domain.com. maka anda harus merubah records pada mail IN CNAME domain.com. Menjadi:

mail     IN  A    IP Address

Lalu merubah MX Record diatas dari domain.com. MX  0 domain.com. Menjadi seperti:

domain.com.  MX 0 mail.domain.com.

Pada contoh diatas, penggunaan records "mail" tidak lagi menjadi CNAME Records, melainkan menjadi subdomain records, sehingga ketika anda melakukan setting pada email client, (contoh: Microsoft Outlook, Mozzila Thunderbird, ataupun pada Mobile e-mail seperti Apple iPhone, iPad, Android, Blackberry) maka menjadi seperti ini:

Incoming mail server (POP)  : mail.domain.com

Outgoing mail server (SMTP) : mail.domain.com

 

 

Artikel ini menggunakan referensi sebagai berikut: 

  • RFC 1912 – Common DNS Operational and Configuration Errors, D. Barr, February 1996
  • RFC 1996 – A Mechanism for Prompt Notification of Zone Changes (DNS NOTIFY), P. Vixie, August 1996
  • RFC 2308 – Negative Caching of DNS Queries (DNS NCACHE), M. Andrews, March 1998
  • RFC 6781 – DNSSEC Operational Practices, Version 2, O. Kolkman, W. Mekking, R. Gieben, December 2012
  • RFC DRAFT – Improving DNS Service Availability by Using Long TTL Values, V. Pappas, E. Osterweil, February 2012

Jika ada yang kurang dipahami dari penjelasan artikel diatas, anda dapat menanyakan langsung kepada Customer Support kami 

Bantuan

Perlu lebih banyak dukungan? Jika Anda tidak menemukan jawaban, hubungi kami untuk bantuan lebih lanjut.

  • Dukungan
    24 x 7

  • Telepon
    (021) 22693330

  • BERBICARA DI
    LIVE CHAT