× Team Delora sedang melakukan development Delora v1.3 untuk optimasi layanan, konten, serta tampilan yang lebih baik untuk pengguna

Basis Pengetahuan

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda dapat bertanya di bawah ini atau memasukkan apa yang Anda cari!


Setting Email di Outlook

| 03 April 2019

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan cara-cara setting E-mail pada applikasi E-mail client seperti Microsoft Outlook. Cara ini dapat diapplikasikan pada:

  • Microsoft Outlook 2007
  • Microsoft Outlook 2010
  • Microsoft Outlook 2013
  • Microsoft Outlook 2016

Asumsi bahwa kita sudah membuat email akun pada cPanel, jika belum, pengguna dapat mengunjungi halaman mengenai cara membuat E-mail akun pada cPanel. Jadi kita mulai sebagai contoh, akun E-mail yang akan digunakan adalah [email protected] Langkah Pertama adalah membuka Outlook, seperti pada gambar:

Kemudian, pilih E-mail Account lalu klik "Next" lalu akan muncul layar dialog seperti ini:

Setelah Semua selesai diisi seperti contoh diatas, maka pilih "Manual setup or additional server types" lalu klik "Next" dan muncul kembali dialog dan jangan lupa pilih POP or IMAP seperti pada gambar berikut di bawah:

Setelah itu klik 'Next" lalu akan kembali muncul dialog seperti ini:

Perhatikan "Incoming mail server" dan "Outgoing mail server (SMTP)" tergantung pada setting DNS Record untuk domain anda, karena kesalahan mengisi 2 kolom tersebut akan mengakibatkan anda tidak dapat mengirim dan menerima pesan E-mail, Selanjutnya khusus Microsoft Outlook versi setelah 2007 akan diminta "Outlook Data File", jika anda sebelumnya telah memiliki outlook data file, maka anda hanya tinggal memilih dengan mencari file tersebut pada komputer anda (akhiran *.pst) namun jika belum, maka anda cukup pilih "New Outlook Data File" lalu klik "More Settings" maka akan keluar satu dialog seperti ini:

Isilah kolom isian diatas sesuai nama pemilik E-mail atau nama perusahaan jika E-mail tersebut adalah E-mail Perusahaan atau Organisasi, selanjutnya pindah ke tab "Outgoing Server" maka akan terbuka seperti ini:

Harap perhatikan tanda checklist pada "My Outgoing Server (SMTP) requires Authentication" jika pengguna tidak menchecklist pada pilihan ini maka pengguna tidak dapat mengirim E-mail keluar (outgoing). Selanjutnya menuju tab “Advanced” maka akan terbuka beberapa pilihan seperti ini:

Port Incoming server atau POP3 pada keadaan default adalah 110 kecuali menggunakan SSL atau TLS, sementara Outgoing server (SMTP) adalah 25 kecuali ISP atau Hoster memblokir port 25 karena banyak menjadi sasaran SPAM, biasanya hoster akan menyediakan port alternatif sebagai SMTP Server, dan untuk enskripsi, silahkan biarkan saja tetap "None" kecuali domain anda menggunakan SSL atau TLS, jika sudah maka lanjut ke pilihan apakah pesan E-mail akan disimpan otomatis selama 14 hari untuk menghemat ruang hardisk pada akun hosting, atau E-mail tidak perlu dihapus dari server, yang artinya jika suatu saat komputer anda diinstall ulang, maka dengan mensetting ulang outlook, maka E-mail lama anda akan dapat ditarik kembali ke Outlook. Jika sudah selesai, maka klik "OK" anda akan dibawa kembali ke layar dialog sebelumnya, silahkan klik "Next" dan setelah itu akan muncul Dialog bahwa setting selesai seperti ini:

Silahkan klik "Finish" dan selamat, setting E-Mail pada Microsoft anda telah selesai, anda hanya perlu membuka outlook setiap anda ingin menerima atau mengirim pesan E-mail

Jika ada yang kurang dipahami dari penjelasan artikel diatas, anda dapat menanyakan langsung kepada Customer Support kami

Bantuan

Perlu lebih banyak dukungan? Jika Anda tidak menemukan jawaban, hubungi kami untuk bantuan lebih lanjut.

  • Dukungan
    24 x 7

  • Telepon
    (021) 22693330

  • BERBICARA DI
    LIVE CHAT